KUMPULAN SOAL KELAS 2

soal-soal kelas 2



UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PLOSOLOR KAB. KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Nama      : .......................................
Nomor    : .......................................
Kelas      : 2 ( dua )
Mata Pelajaran :  Aqidah Akhlak
Hari/Tanggal    :  ........................
Jam/Waktu       : .........................
Nilai
Paraf Guru
Paraf Ortu



I.     Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang paling tepat!
1.      Perkataan yang baik merupakan arti dari ...
a.       Asmaul husna                                b. Kalimat tayyibah                             c. Al Mukmin
2.      Berikut ini merupakan contoh dari kalimat tayyibah adalah ...
a.       Alhamdulillah                                b. As Shomad                                     c. Al Badi’
3.      Berikut ini yang merupakan bacaan tasbih adalah ...
a.       Subhanallah                                   b. Allaahu Akbar                                 c. Alhamdulillah
4.      Subhanallah artinya adalah ...
a.       Allah Maha Besar                          b. Maha suci Allah                              c. Maha Agung Allah
5.      Allah Maha suci dari segala ....
a.       Kesempurnaan                               b. Kekurangan                                     c. kebesaran
6.      Kalian mengucapkan subhanallah ketika ...
a.       Melihat orang meninggal               b. Melihat pemandangan yang indah  c. Mendapat musibah
7.      Kata yang ringan diucapkan tetapi besar pahalanya adalah mengucap....
a.       Kata-kata jorok                             b. Mengolok teman                             c. Subhanallah
8.      Apabila imam  lupa bacaan atau gerakan dalam sholat berjama’ah, maka yang dilakukan makmum laki-laki adalah ...
a.       Membaca hamdalah                      b. Membaca takbir                              c. Membaca tasbih
9.      Diantara makhluk Allah yang senantiasa bertasbih kepada Allah yaitu, kecuali ...
a.       Orang kafir                                    b. Gunung                                           c. Bumi                       
10.  Dina melihat pemandangan laut yang indah, ia mengucapkan ....
a.       Innalillahiwainnailaihiroji’un         b. Subhanallah                                     c. Astaghfirulloh
11.  Lafal                             dibaca ....
a.       Al Quddusu                                  b. As Shomadu                                   c. Al Muhaiminu
12.  Seluruh alam beserta isinya telah diatur dan dipelihara oleh Allah, karena itu Allah Maha ...
a.       Mendengar                                    b. Melihat                                            c. Memelihara
13.  As Shomad artinya ...
a.       Allah Maha Suci                            b. Allah Maha Tempat meminta          c. Allah Maha Memelihara
14.  Dibawah ini yang bukan merupakan asmaul husna ...
a.       Al Quddus                                                b. Al Fathonah                                                c. Al Badi’
15.  Al Muhaimin artinya ...
a.       Allah Maha Memelihara                b. Allah Maha Melihat                        c. Allah Maha suci
II.  Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar!
16.              Arti dari kalimat tayyibah adalah .............................................................................................................
17.              Bunyi bacaan tasbih adalah ......................................................................................................................
18.              Balasan bagi orang yang senang mengucapkan kalimat tasbih adalah ....................................................
19.              Setelah selesai mengerjakan sholat, disunnahkan membaca dzikir bacaan tasbih sebanyak ............ kali
20.              Al Quddus artinya .....................................................................................................................................
21.              Lafal                             dibaca ..................................................................................................................
22.  Allah tidak makan, minum dan tidur seperti makhluk-Nya, karena Allah memiliki asmaul husna .........
23.              Allah adalah Dzat yang Maha Suci, merupakan arti dari asmaul husna ..................................................
24.              Tempat kita meminta hanyalah kepada Allah, karena itu Allah memiliki nama .....................................
25.              Adanya matahari, bulan, bintang, bumi menandakan bahwa Allah maha ..............................................
III.   Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Tulislah lafal bacaan tasbih beserta artinya!
  2. Apabila melihat sesuatu yang menakjubkan, apa yang kalian baca?
  3. Kapan waktu  mengucapkan kalimat tasbih?
  4. Sebutkan empat asmaul husna yang kalian pelajari pada semester dua ini!
  5. Sebutkan satu bukti bahwa Allah memiliki nama Al Badi’!



KUNCI JAWABAN AQIDAH AKHLAK KELAS 2 SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

I.               
1. b                     6. b                  11. a
2. a                     7. c                  12. c
3. a                     8. c                  13. b
4. b                     9. a                  14. b
5. b                     10.b                 15. A

II. 
  1. perkataan atau ucapan yang baik
  2. subhanallah
  3. pahala, surga
  4. 33
  5. Allah Maha Suci
  6. Al Badi’
  7. Al Quddus
  8. Al Quddus
  9. As Shomad
  10. Al Badi’

III.
  1. ____________________________
Artinya : Maha Suci Allah
  1. Subhanallah
  2. Ketika melihat suatu pemandangan yang indah, merasa keheranan atas sesuatu yang dilihat, dzikir sesudah sholat, mengingatkan imam yang sedang lupa bacaan atau gerakan sholat. (kebijaksanaan guru)
  3. Al Quddus, As shomad, Al Muhaimin, dan Al Badi’
  4. Adanya alam  jagad  raya beserta isinya. (kebijaksanaan guru)


Nama   : ......................
Nomor : ......................
Kelas   : II (Dua )
Mata Pelajaran : Bhs. Indonesia
Hari/tanggal     : .......................
Jam / waktu      : ......................
Nilai
Paraf Guru
Paraf Ortu



I.      Berilah tanda silang pada huruf a, b, c, dan d pada jawaban yang benar !

Kerja Bakti
UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL / ULANGAN BLOK BERSAMA
MADRASAH IBTIDAIYAH SE KORCAM PARE
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Hari ini hari Jum`at. Disekolahku ada kerja bakti. Anak putri menyapu halaman. Ibu guru mengarahkan muridnya. Pak guru membaersihkan parit dengan sekop. Anak laki-laki mengumpulkan sampah untuk dibakar.
Jawaban soal nomer 1 dan 2 berdasarkan bacaan di atas.
1. Tugas anak putri adalah .....
A. Menyapu halaman               B. Membersihkan parit                             C. Mengumpulkan sampah
2. Kerja bakti dilaksanakan pada hari ....
      A. Kamis                                      B.Jumat                                             C. Sabtu
3. Kamu harus mandi dua kali sehari.  Tema kalimat diatas adalah ...
       A. Olah raga                              B. Pendidikan                                              C. Kesehatan
4. ....Setelah besar Malin kundang merantau. Malin mendapat pekerjaan. Malin kemudian menjadi kaya raya. Ia juga telah menikah dengan  gadis cantik. Suatu hari Malin kembali ke desanya. Ia mengajak istri dan pegawainya. Ibunya telah menunggu di tepi pantai. Namun setelah bertemu dengan ibunya malin merasa malu terhadap istri dan karyawanya karena pakaian ibunya compang camping. Malin berkata : “Aku bukan anakmu !”, malin menghardik dan mendorong ibunya.
            Penggalan dongeng diatas menceritakan tentang....
A.      Anak durhaka kepada orang tua Anak berbakti kepada orang tua Nelayan

5.                                Nama binatang disamping adalah....
                                    A. Sapi                       B. kuda                                             C. Harimau
                                   

                                   
6.                                Nama bunga disamping adalah ....
                                    A. Mawar     B. Melati                                           C. Lidah buaya
                                   
                                   
7. Aku adalah binatang yang mempunyai kumis. Warnaku hitam . dagingku enak. Aku adalah ikan .....
A.  Hiu                                            B. Lele                                                            c. Mas
8. Intonasi adalah....
      A. Lagu kalimat                                     B. Mengucapkan kalimat             C. Cara mengucapkan kalimat
9. Setiap hari aku pergi kesekolah. Aku memakai seragam. Aku membawa buku dan alat tulis. Aku adalah.....
A.       Petani                                                B. Pak lurah                                                 C. Siswa
10. Dodo anak yang malas belajar. Lawan kata malas adalah.....
       A. Jujur                                       B. Giat                                                            C. Pandai
11. Jika  kita kedinginan harus memakai....
       A. Sepatu                                               B. Kaos                                                          C. Selimut
12. Setalah pulang sekolah Rudi melepaskan sepatu dan meletakkan.....tempatnya. Kata
      yang tepat untuk melengkapi cerita tersebut adalah.....
A.  ke                                              B. di                                                    C. dari
13. ibu pergi ke bandung. Penulisan kalimat dengan huruf kapital yang benar adalah....
       A. Ibu Pergi ke surabaya                   B. Ibu pergi ke surabaya              C. Ibu pergi ke Surabaya
14. Setiap hari setelah bangun tidur aku mandi, sarapan. Kemudian berangkat sekolah
      bersama teman-teman. Cerita di atas menceritakan...
       A. Kegiatan kelompok                        B. Kegiatan hari minggu               C. Kegiatan sehari-hari
15. Membaca tanpa bersuara disebut...
       A. Membaca dalam hati                    B. Membaca nyaring                                 C. Membaca lancar
           
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar !
16. Pesan dari cerita “Malin Kundang” adalah bahwa kita tidak boleh berani dengan .....

17.                              Aku adalah bunga....
                                    Warnaku merah
                                    Bungaku harum
Nama bunga diatas adalah......
18. Membaca adalah .......
19. Aku sekarang sudah kelas dua. Salinlah kalimat tersebut dengan huruf tegak bersambung !
20. Hewan berkaki empat berbadan besar dan mempunyai belalai adalah....
21. Makanan kuda adalah ......
22. Bunga teratai dan enceng gondok hidup di ....
23. Supaya gigi tetap sehat setiap hari  gosok gigi sebanyak ..........kali
24. Kegunaan sinar matahari bagi tumbuhan adalah.......
25. Supaya pintar saya tidak boleh malas balajar. Lawan kata malas adalah .....

Jawablah uraian dibawah ini dengan tepat !
26. Membaca adalah mengucapkan .....
27. Membaca dengan suara nyaring disebut .......
28. Ceritakanlah ciri-ciri tentang Kereta Api dengan bahasamu sendiri !
29. Setiap pagi Pak Darman dan Bu Nani pergi ke pasar. Salinlah kalimat tersebut dengan huruf tegak
       bersambung !
30. Sebutkan 5 hewan berkaki empat yang berada di sekitar rumahmu !

  





UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP
MADRASAH IBTIDAIYAH
WILAYAH KEC. PLOSOKLATEN KAB. KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Mapel
: Bahasa Inggris
Nama
:
Hari/Tanggal
:
Kelas/Smstr
: II (DUA) / Genap

I.   Choose the correct answer by crossing (x) A, B or C.
(Pilihlah jawaban yang benar dengan menyilang (x) huruf A, B atau C)

1.    Salsa                    : What do you wear?
Auliya         : I wear ....
A. dress              
B. t-shirt              
C. shirt
2.    He is a student.
He wear … to school.
A. pyjamas                  
B. t-shirt                        

topi
 
C. uniform
3.    A       : What is it?
B       : it is a …
A. socks
B. tie
C. hat
4.    I go to sleep. I wear a ....
A. skirt
B. pyjamas
C. uniform
Text for number 5-6
                   Hello, My name is Savira. I have many toys. They are marbles, doll, snake and ladder, and chess. I have a brother. His name is Arga. He has toys. They are yoyo, robot, and toy plane. I play doll with my friend. We play it in the yard.
5.    Savira have many …
A. doll
B. toys
C. marbles
6.    Savira and his friend play doll in the …
A. yard
B. school
C. home



7.        walking.jpgAdi              : “ let’s play … !”
Sukma       : Ok, brother
a.   Kite
b.   Yoyo
c.   Walking on the stilts
8.    P – l – u – t – a – t – c - a.
It is a …
A. pultcata
B. catapult
playing football.jpgC. tapultca
9.    Bima           : What are they playing?
Wisnu         : They are playing …
A. football
B. gunny sack race              
C. walking stilts
10.    This is a ...
A.     toy car                     
B.    Toy truck                            
C.   Toy plane
11. Gilang        : What is this?
Vigo            : This … a book.
A. is           
B. am                                     
C. are
12. There … two books on the table.
A. is                     
B. am                  
C. are
13. Oval: 42That is number....                            
A. forty one
B. forty two
C. forty three
14. Hexagon: 50 – 22 = …Fifty minus twenty two is….
A. twenty four
B. twenty seven
C. twenty eight
15.
Can: 14 + 20 = …..




G       : What is fourteen plus twenty?
H       : It is …
A. thirty two
B. thirty three
C. thirty four


II. Complete the sentences below with right answer!
(Lengkapilah kalimat di bawah ini dengan baik dan benar!)

16. Relly : What does he wear?
Rizky : He wears …….   
17. It is very hot. I wear ….                 
                                     
18. It is a ..


19.                            The boys are playing …. 
20. Ela likes to play …..  


21. They like to play kite. The underline means ……
22. Rounded Rectangle: 9 + 15 = …Risa  : What is nine plus fifteen?
Rina  : It is …
23.
Oval: 20



Naya : What number is this?
Ita      : This is number …
24.  Nine plus six is …
25. Regular Pentagon: 45                                  That is number …



III. Answer the question correctly!  (jawab pertanyaan dengan benar!)

26. This is not belt.
This is a pair of …
27. Ridwan      : Where are you going?
Nisa           : I am going to Bromo mountain
Ridwan      : What are you wearing?
Nisa           : I am wearing …                                
28. Arrange into a good sentence! (susunlah menjadi kalimat yang benar)
dress – She – wears   = …..
29. Translate into Indonesia! (Terjemahkan kedalam bahasa Indonesia)
Bayu likes to play mask        =
30. Write into English! (tulis kedalam bahasa inggris)
Flowchart: Display: 40 – 15 = 25
 



KUNCI JAWABAN  BHS INGGRIS KLS II
PILIHAN GANDA
1. A      6. A           11. A   
2. C      7. C           12. B    
3. C     8. B           13. B    
4. B     9. A           14. C   
5. B     10. A         15. C   

ISIAN
16.  Bag
17. T-shirt
18.  Ball
19. Chess
20. doll
21. layang-layang
22. Twenty four
23. Twenty
24.  Fifteen
25. Forty five

URAIAN
26.  Shoes
27.  Jacket
28.  She wears dress
29.  Bayu suka bermain topeng
30.   Forty minus fiveteen is twenty five



ULANGAN BERSAMA TENGAH SEMESTER ( UTS ) GENAP
MADRASAH IBTIDAIYAH
 KECAMATAN PLOSOKLATENKABUPATEN KEDIRI
TahunPelajaran 2012/2013
Mapel
Hari/Tanggal
:Bahasa Daerah
:
Nama
Kelas/Smstr
:
: II/ 2
NILAI
TTD GURU




I.Wenehono tanda ping (x) ing jawaban kang bener !
Terminal
         Terminal iku papan kanggo mandheg bis.Saben kabupaten wis ana terminale, luwih-luwih kutha gedhe, senady an reja uga akeh wong sing padha lelungan mbutuhake tumpakan. Kutha Sala terminale jenenge Tirtonadi. Mapane ing kampong  Gilingan cedhak karo stasiun Balapan. Kabeh wong sing arep numpak bis lan mudhun ana ing terminal kono.
Wacaningdhuwurkanggosoalno  1 – 3.
1.Apa irah-irahan wacan ing dhuwur?
A.stasiun                                B.terminal                               C.bandara
2.Jenenge terminal ing kutha Sala yaiku……
A.Tertanadi                            B.Tirboyo                                C.Pulau Gadung
3.Papan kanggo mandheg bis jenenge……..
A.stasiun                                B.terminal                               C.pelabuhan
4.Papankanggomandhegkapaljenenge……..
a.teminal                                 B.stasiun                                C.pelabuhan
5.Terminal cedhak karo stasiun balapan.Tembung cedhak kosok baline…….
    A.adoh                                B.suwi                                    C.suwi
6.Pegawaiane nglakokake motor mabur yaiku……
A.sopir                                    B.pilot                                     C.masinis
7.Mriksakne wong loro ana………
A.sekolahan                          B.terminal                               C.puskesmas
8.Papan kanggo ngudi ilmu jenenge……………
A.puskesmas                        B.stasiun                                C.sekolahan
9.Ibu tindak pasar,tindak basa ngokone…..
      A.lungo                                       B.menyang                                      C.mlaku
10.Bapak ngombe widang kopi.
     Ngombe  basa  kramane………..
     A.dhahar                           B.ngunjuk                               C.maos
11.Simbah loro untu, yen didadek ake basa karma yaiku………..
     A.simbah gerah waja       B.simbah gerah untu             C. simbah lara waja
12. ....jenenge    adikmu?Tembung pitakon sing pas kanggo ngisi titik-titik 
      yaiku………
      A.apa                                B.sapa                                    C.piro
13. ....regane sepatumu kuwi? Tembung pitakon sing pas kanggo ngisi titik-titik  
       yaiku……….
      A.sapa                              B.pira                                      C.apa
14.Gamelan sing digawe saka pring jenenge....
     A.siter                               B.suling                                  C.rebab
15.Gamelan sing carane ngunekake dithuthok jenenge…………
    A.bonang                           B.rebab                                  C.kendang
II. Isenana ceceg –ceceg ing ngisor iki !
16.Bapak lagi adus, adus basa kramane…………………………………..
17.Budhe mangan rujak,mangan basa kramane……………………..
18.Simbah  menyang  semarang.
     Tembung ing dhuwur iku dadekno basakarma!
19. ....regane sepatumu?
20. ....adikmu nangis?
21. Gamelan sing digawe saka pring jenenge……………..
22.Aku salah sawijining kewan, sikilku papat, pakananku daging utawa iwak, anakku jenenge cemeng.Jenengku yaiku………………….
23.Kewan iki klebu kewan sing roso. Tenagane gedhe banget, biasane digawe narik dokar,uga bias kanggo balapan. Kewan iki jenenge ....
Nomer 24 – 25 tulisen nganggo aksara jejeg sambung!
24.Akun dherek ibu menyang pasar.
................................................................................................................
25.Aku numpak andhong jarane loro.
      …………………………………………………..
III. Wangwulonopitakon –pitakoningngisoriki !
26.Sapa sing pegawaiane mreksa wong lara ?
27.sapa sing nglakokn esepur?
28.Stasiun papan kanggo mandheg sepur.Tulisen nganggo aksara latin!
29.Sebutno gamelan sing thuthuke loro!
30.Aranana 3 wae jenising gamelan !


Kunci jawaban Bahasa Daerah Kelas II
ROM 1

1.b                               6. b                              11.a2.a                                 7. c                             12.b3.b                               8.  C                            13.b4.c                               9.   b                            14.b                      
5.a                               10.b                             15.a


Rom II

16.siram17.dhahar
18.Simbahtindak Semarang

19.pira20.nyangopo21.suling22.kucing23.jaran24.Akudherekibumenyangpasar25.AkunumpakandhongjaraneloroRom  III26.dokter27.masinis28.Stasiunpapankanggomandhegsepur29.bonang,gambang,gender30.bonang,saron,kendang,gender,gong










NILAI
TTD GURU
TTD ORTU






Mapel
: FIQIH
Nama
:
Hari/Tanggal
:
Kelas/Semester
: II / II

I.         BERILAH TANDA SILANG ( X ) PADA JAWABAN YANG BENAR!
1.   Salat bersama-sama, ada imam dan makmum disebut....................
A. munfarid                   B. munsarif                   C. jamaah
2.   Salat berjamaah hukumnya.....................
A. wajib                         B. sunah                       C. sunah muakad
3.   Salat berjamaah dilakukan paling sedikit ........orang
    A. dua                           B. tiga                            C. satu
4.   Orang yang salat di belakang imam disebut................
A. makmum                  B. imam                        C. khotib
5.   Makin banyak makmumnya, maka salat jamaah itu............
A. kurang baik              B. di benci                              C. lebih dikasihi Allah
6.   Salat jamaah pahalanya berlipat.......derajat
A. dua puluh sembilan B. dua puluh tujuh      C. dua puluh lima
7.   Salat sunah berjamaah pada bulun ramadan adalah.......
A. salat idul fitri             B. salat tarawih            C. salat jenazah
8.   Imam dan makmum saat salat berjamaah harus........
a.   berada pada satu tempat
b.   berada di tempat yang berbeda
c.   saling berhadap-hadapan
9.   Salat berjamaah lebih utama di lakukan di......
A. masjid                       B. rumah                       C. lapangan
10.               Gerakan makmum tidak boleh mendahului.........
A. imam                        B. khotib                        C. muadzin
11. Bacaan   diucapakan oleh makmum   سُبحَانَ الله    jika ada imam yang    
         salah
A. laki-laki                     B. perempuan              C. laki-laki dan perempuan
12.     Makmum satu orang wanita maka berdirinya........imam
A. di belakang sebelah kanan
B. tepat di belakang imam
C. di belakang sebelah kiri
13.  Makmum masbuk adalah.........
A. makmum yang datang ketika imam membaca surah Al Fatihah
B. makmum datang ketika imam selesai membaca surah Al Fatihah
C. makmum datang ketika imam sudah selesai
14.  Menepuk tangan dilakukan oleh makmum........jika ada imam yang salah.
           A. perempuan             B. laki-laki                     C. laki-laki dan perempuan
15. Kewajiban makmum adalah....
A. mengumandangkan adzan
B. memimpin salat
C. mengikuti bacaan  dan gerakan imam

II.     ISILAH TITIK-TITIK DI BAWAH INI DENGAN JAWABAN YANG TEPAT!
16.      Makmum harus rukuk jika imam....
17.     Saf yang paling belakang sebaiknya diisi oleh....
18.     Fasih membaca Al Qur`an adalah syarat utama menjadi....
19.     Jika makmum hanya satu orang laki-laki hendaknya berdiri di....
20.     Salat jamaah lebih utama daripada salat....
21.     Makmum masbuk wajib melengkapi rakaatnya....
22.     Seseorang yang memimpin salat adalah....
23.      Anak-anak perempuan sebaiknya menempati di saf ....
24.      Barisan makmum juga disebut....
25.      Orang yang keluar dari agama Islam disebut....
 
III.   JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN URAIAN YANG JELAS DAN TEPAT!
26.     Apakah yang dimaksud salat berjamaah?
           Jawab.......................................................................................
27.     Dimanakah sebaiknya imam dan makmum berada ketika mengerjakan  
           salat berjamaah ?
  Jawab..........................................................................................
28.      Sebutkan 3 syarat sah menjadi imam?
          Jawab..................................................................................................
            ............................................................................................................
29.      Sebutkan 3 keutamaan salat berjamaah?
  Jawab.................................................................................................
30.      Sebutkan 2 syarat menjadi makmum?
  Jawab..................................................................................................



KUNCI JAWABAN UTS FIKIH KLS. II SMT. 2
1
B
6
B
11
A
2
C
7
B
12
B
3
A
8
A
13
B
4
A
9
A
14
A
5
C
10
A
15
C

ISIAN
16
Rukuk
17
anak-anak perempuan
18
Imam
19
Sebelah kanan imam agak kebelakang
20
Munfarid/sendirian
21
Rakaat yang tertinggal
22
Imam
23
Di saf paling belakang
24
Saf
25
Murtad

Uraian

26
Salat yang dikerjakan bersama-sama terdiri atas imam dan makmum
27
·     Imam berada di depan makmum
·     Makmum berada di belakang imam
28
·     Paling baik bacaan qur`annya (fasih dan benar)
·     Sudah dewasa dan mulia akhlaknya
·     Mengetahui hukum-hukum Islam dan dapat diterima oleh jamaah
 kebijakan Kolektor
29
·     Salat berjamaah lebih utama daripada salat sendirian
·     Memperoleh pahala 27 derajat
·     Dapat saling mengenal antara sesama muslim
·     Menambah semarak syiar Islam
·     Memumbuhkan rasa persatuan
Kebijakan kolektor
30
·     Makmum berdiri di belakang imam
·     Makmum berada dalam satu tempat
·     Makmum mengikuti imam, baik gerakan maupun bacaan
   Kebijakan kolektor




ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP

NILAI
TTD GURU
TTD ORTU
MADRASAH IBTIDAIYAH




WILAYAH KEC. PLOSOKLATEN KAB. KEDIRI

Tahun Pelajaran 2012 / 2013


 Mapel
: Ilmu Pengetahuan Alam
Nama
:
Hari/ tanggal
:
Kelas/Smstr
: II/ 2

I.    Berilah tanda silang di depan huruf a,b, atau c, yang kamu anggap benar!
1.   Sumber energi yang menerangi bumi adalah .....
A. Bulan                                  B. Matahari                   C. Satelit
2.  Sumber energi panas dan cahaya yang terbesar di bumi adalah .....
A.  Matahari                            B. Bumi                         C. Laut
3.  Sumber energi yang mudah dibawa kemana-mana adalah .....
A.  Minyak tanah                              B. Baterai                      C. Listrik
4.  Sumber energ yang paling banyak digunakan dijalan adalah .....
A.  Bensin  dan Oli                 B. Solar dan Oli            C. Bensin dan Solar
5.  Bentuk energi yang dihasilkan matahari adalah .....
A.  Panas dan Cahaya                    B. Listrik dan Gerak     C. Bunyi dan Gerak
6.  Berikut merupakan alat rumah tangga yang menghasilkan bunyi .....
A.  Televisi, radio, tape                    B. Radio, kulkas, tape           C. Radio, televisi, kulkas
7.  Bentuk energi yang dipakai untuk memasak adalah .....
A.  Gerak                                 B. Panas                       C. Bunyi
8.  Peralatan yang menghasilkan energi gerak adalah .....
A.  Kulkas                                B. Bel listrik                   C. Kipas angin
9.  Energi listrik sering digunakan manusia karena .....
A.  Berbahaya                        B. Boros                        C. Mudah digunakan
10.  Alat yang menggunakan energi listrik adalah .....
A.  Kulkas                                B. Jam beker                C. Kompor gas
11.  Alat yang menggunakan sumber energi listrik diubah menjadi energi panas   adalah .....
A.  Kipas angin                       B. Blender                              C. solder
12.  Perbuatan yang dapat menghemat energi bensin adalah  .....
A.  Selalu bepergian menggunakan sepeda motor
B.  Pergi ke sekolah dengan naik sepeda
C.  Menghidupkan mesin motor saat berhenti
13.  Energi berikut yang ramah lingkungan adalah .....
A.  Listrik                                 B. Bensin                      C. Solar
14.  Penggunaan energi secara ceroboh dapat mengakibatkan .....
A.  Luka                                   B. Tersetrum                C. Berdarah
15.  Salah satu perbuatan yang tidak hemat listrik adalah .....
A.  Mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan
B.  Mematikan lampu di ruangan yang sudah terang
C.  Menyalakan radio dan televisi pada saat bersamaan

II.  Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Sumber energi alami di bumi adalah .....
2. Sumber energi yang sering digunakan pada saat ini adalah .....
3. Sumber energi yang digunakan kompor minyak adalah .....
4. Energi berasal dari .....
5. Bentuk energi yang dihasilkan dari jam beker adalah .....
6. Untuk memasak ibu menggunakan energi .....
7. Bahan bakar yang digunakan di rumah adalah .....
8. Cara menghemat energi baterai pada senter adalah .....
9. Menghemat listrik dengan cara ..... lampu.
10. Cara menghemat energi minyak bumi adalah .....

III.   Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang tepat!
1.  Apakah sumber energi bagi manusia ?
2.  Sebutkan macam-macam bentuk energi !
3.  Sebutkan 2 kegunaan energi panas !
4.  Sebutkan energi yang sering digunakan di rumah !

5.  Sebutkan cara menghemat energi listrik !



PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
UPTD PENDIDIKAN TK DAN SD KECAMATAN GURAH
KELOMPOK KERJA GURU GUGUS 4

 

ULANGAN TENGAH SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Mata Pelajaran
IPS
Waktu
: 90 Menit
Kelas
:  II ( Dua )
Nomor
: ………………
Hari / Tanggal
:
Nama
: ………………

I.     Berilah tanda silang ( x ) pada salah satu jawaban yang benar !

1.   Ayah memiliki peran sebagai pencari ....
A. Keluarga                       B.Pakaian           C. Nafkah
2.   Salah satu kedudukan ibu adalah ....
A. Menggunjing                B.Memasak        C. Pendamping ayah
3.   Kewajiban ibu dalam rumah tangga adalah ....
A. Pembangun rumah     B.Mengurus rumah tangga  C.Kepala keluarga
4.   Anak yang lahir pertama adalah anak . . .
A. Bungsu                          B.Sulung             C. .Akhir
5.   Ayah dari orang tua kita disebut . . .
A. Kakek                            B.Nenek              C. .Paman
6.   Asal usul sebuah keluarga disebut . . .
A. Keturunan                     B.Syarah             C. .Silsilah
7.   Setelah bangun tidur, tempat tidur harus kita . . .
A. Cuci                               B.Rapikan           C. .Biarkan
8.   Ina membantu ibu memasak di . . .
A. Gudang                         B.Dapur               C. .Garasi
9.   Dika melihat ayah sedang memotong rumput, Dika sebaiknya . . .
A. Membantu                     B.Melihat             C. .Menyapa
10.       Membantu ibu memasak didapur adalah pengalaman sebagai seorang . .
A. Nenek                            B.Anak                C. .Tante
11.       Berikut ini yang merupakan peran anak adalah . . .
A. Tidur                               B.Bekerja            C. .Belajar
12.       Contoh perubahan peran dalam keluarga adalah . . .
A. Ibu bekerja                    B.Anak belajar    C. .Ayah bekerja
13.       Pak Dedy setiap hari memeriksa pasien. Pak Dedy bekerja sebagai....
A. Masinis                          B.Dokter                        C. .Guru
14.       Keluarga inti terdiri dari . . .
A. Ayah, ibu, anak B.Kakak, anak, Ibu      C. Ayah, ibu, paman, bibi   
15.       Kebersihan rumah adalah tanggung jawab.. .
A. Warga kampung           B.Anak-anak sekolah  C. .Anggota keluarga

II.   Isilah titik-titik dibawah ini dengan tepat !

1.   Ayah mencari nafkah dengan cara . . .
2.   Kepala keluarga adalah . . .
3.   Semua keperluan rumah tangga diatur oleh . . .
4.   Ibu berkedudukan sebagai pendamping . . .
5.   Anak sulung adalah anak yang lahir . . .
6.   Sesama anggota keluarga harus saling . . .
7.   Adik laki – laki dari ayah disebut . . .
8.   Anak yang sering menunda pekerjaan termasuk anak yang . . .
9.   Jika melihat ibu membawa barang banyak, sikapmu sebaiknya . . .
10.       Anak yang tidak memiliki saudara disebut . . .
11.       Keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan 2 orang anak disebut  . . .
12.       Kedudukan setiap anggota keluarga itu . . .
13.       Anak pertama harus menjadi  . . . . . . . . . . . . bagi adik-adiknya.
14.       Ayah mencari ikan di laut. Pekerjaan ayah adalah . . .
15.       Membimbing anak adalah tugas dari . . .

III.  Jawablah pertanyaan – pertanyaan berikut dengan benar !

1.   Sebutkan kedudukan dan peran seorang ayah !
2.   Sebutkan 3 saja tugas anak dirumah !
3.   Bagaimana cara kamu supaya menjadi anak yang pintar ?
4.   Mengapa sebagaian ibu ikut bekerja mencari nafkah ?
5.   Apa yang dimaksud dengan silsilah keluarga ?


AKU PASTI BISA
 










Kunci jawaban UTS 2  IPS kelas III tahun pelajaran 2013 / 2014

II. Isian

1.      Bekerja
2.      Ayah
3.      Ibu
4.      Ayah
5.      Pertama
6.      Menyayangi / menghormati
7.      Paman
8.      Malas
9.      Membantunya
10.  Anak tunggal / semata wayang
11.  Catur warga
12.  Berbeda-beda
13.  Contoh atau teladan
14.  Nelayan
15.  Orangtua / ayah dan ibu

I. Pilihan Ganda
1. C
2. C
3. B
4. B
5. A
6. C
7. B
8. B
9. A
10. B
11. C
12. A
13. B
14. A
15. C



III. Uraian
1.      -     Kedudukan ayah sebagai kepala keluarga
-          Peran ayah mencari nafkah
2.      -     Belajar
-          Membantu orang tua
-          Menaati nasihat orang tua
3.       Belajar dengan rajin
4.      Untuk membantu mencari nafkah atau menggantikan peran ayah ketika meninggal
5.      Silsilah keluarga adalah asal usul keluarga

II. Isian

1.      Bekerja
2.      Ayah
3.      Ibu
4.      Ayah
5.      Pertama
6.      Menyayangi / menghormati
7.      Paman
8.      Malas
9.      Membantunya
10.  Anak tunggal / semata wayang
11.  Catur warga
12.  Berbeda-beda
13.  Contoh atau teladan
14.  Nelayan
15.  Orangtua / ayah dan ibu




ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP
MADRASAH IBTIDAIYAH
WILAYAH KEC. PLOSOKLATEN KAB. KEDIRI
Tahun Pelajaran 2012/2013
NILAI
TTD GURU
TTD ORTU







Mapel
:
Nama
:
Hari/Tanggal
:
Kelas/Smstr
: 2(Dua)/Genap
I.                   Berilah tanda silang(x) pada huruf a,b, atau c, di depan jawaban yang tepat!
1.      Bentuk perkalian dari 4+4+4+4+4 adalah….
a.       4 x 5 = 20                          b. 5 x 4 = 15                            c. 4 x 4 = 16
2.      Lili memiliki 2 bungkus permen. Satu bungkus berisi 20 biji. Penulisan perkalian yang benar pada kalimat tersebut adalah ….
a.       2 x 20 = 10                        b. 20 x 2 = 40                          c. 20 x 2 = 20
3.      Hasil dari (5+5+5) x (3+3) adalah....
a.       5 x 3 = 15                          b. 15 x 6 = 90                          c. 15 x 3 = 75
4.      Hasil perkalian dari 4 x (4 + 3)  adalah....
a.       28                                      b. 38                                        c. 48
5.      Semua bilangan jika dikalikan bilangan nol, maka hasilnya….
a.       bilangan itu sendiri            b. nol                                       c. satu
6.      (10 x 2) + (12 x 2) = n, nilai n adalah….
a.       20 + 24 = 44                      b. 20 + 22 = 42                        c. 20 + 12 =32
7.      30 x 3 = n, nilai n adalah….
a.       10                                      b. 11                                        c. 12
8.      Hasil dari 36 : 3 adalah….
b.      10                                      b. 11                                        c. 12
9.      Hasil dari 20 : 2 : 5 adalah….
a.       2                                        b.10                                         c.15
10.  Tina mempunyai 50 butir telur, ia ingin membagi telur tersebut dengan Ratna. Berapakah bagian masing-masing?
b.      50 : 1 = 50                         b. 50 : 5 = 10                           c. 50 : 2 = 25
11.  30 : 2 x 1 = n, nilai n adalah….
a.       30                                      b. 20                                        c. 15
12.  Semua bilangan jka dibagi 1, maka hasilnya….
a.       nol                                     b. bilangan itu sendiri              c. satu
13.  Hasil dari 12 : 2 : 3 = ….
a.       6                                        b. 3                                          c. 2
14.  (15 x 2) : 3= n, nilai n adalah…….
a.       60                                      b. 20                                        c. 10
15.  Karin mempunyai 25 buku tulis, buku itu sudah dibagi dengan 5 orang adiknya dengan jumlah yang sama. Bentuk matematika dari kalimat tersebut adalah……..
a.       25 + 5 = 30                        b. 25 x 5 = 125                        c. 25 : 5 = 5
II.                Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
16.  Penjumlahan berulang dari 15 x 5 adalah…….
17.  Bentuk pembagian dari 54-9-9-9-9-9-9=0 adalah……
18.  Dimas mempunyai 9 pensil. Pensil tersebut dimasukkan dalam satu kotak pensil. Banyak pensil dalam satu kotak pensil ada……buah.
19.  Hasil dari 7 x 1 x 8 = n, nilai n adalah……….
20.  Ibu membeli mangga sebanyak 7 keranjang. Setiap keranjang berisi 6 buah mangga. Berapa mangga yang di beli ibu?
21.  Ada 10 becak sedang berhenti. Berapakah roda becak tersebut?
22.  50 : 5 : 2 = n, nilai n adalah……..
23.  (12 x 2) – (10 x 2) = n, nilai n adalah……..
24.  (20 : 2) + (15 : 3) = n, nilai n adalah…….
25.  (7+7+7) x 2 =n, nilai n adalah………
III.             Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas dan tepat!
26.  Pak Suka mempunyai 5 bungkus roti, satu bungkus berisi 10 buah. Roti tersebut ingin dibagikan kepada anaknya yang berjumlah 5 orang. Maka masing-masing anak pak Suka mendapatkan roti sebanyak…buah
27.  ( 3 x 12 ) + 9 = n, nilai n adalah….
28.  ( 21 – 7 ) : 2 = n, nilai n adalah….
29.  Jika Ina mempunyai 20 buah jambu, dan sinta mempunyai 3 buah jambu, maka hasil perkalian dari jambu milik Ina dan jambu milik Sinta adalah….

30.  ( 5 x 9 ) – 3 = n, nilai n adalah….





iklas
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP
MADRASAH IBTIDAIYAH
WILAYAH KEC. PLOSOKLATEN KAB. KEDIRI
Tahun Pelajaran 2012/2013
NILAI
TTD GURU
TTD ORTU




Mapel
: PKn
Kelas/Semester
: II / II
Hari/Tanggal
: ............................................
Alokasi Waktu
: 90 menit
Nama
: ............................................



I. Berilah tanda silang ( x ) pada huruf didepan jawaban yang benar !

1.    Apabila ada teman yang mengajukan usul sikap kita ….
A. menghormati           B. menertawakan                  C. mengejek
2.    Saat musyawarah kita harus menerima keputusan dengan….
A. ikhlas                        B. ragu                                    C. bimbang
3.  Mau menerima kekalahan termasuk sikap….
A. sabar                       B. tanggung jawab                C. berjiwa besar
4.  Ketika  sedang bermusyawarah sikap kamu sebaiknya….
A. tidak menghargai pendapat orang lain
B. tidak memaksakan kehendak
C. Menolak kehendak orang lain
5.  Jika pendapatmu tidak di terima dalam musyawarah sikap kamu sebaiknya….
A. keluar dari ruangan musyawarah
B. terus menyampaikan pendapat
C. menerima dengan lapang dada
6.  Keputusan hasil musyawarah harus kita….
A. laksanakan                 B. diamkan                             C. lupakan
7.  Hasil keputusan dalam musyawarah di lakukan oleh….
A. ketua musyawarah    B. semua peserta                  C. yang menyetujui saja
8.  Hasil keputusan dalam musyawarah sebaiknya….
A. diingkari                      B. dibiarkan                            C. ditaati
9.  Setiap peserta yang ikut dalam kegiatan pemilihan memiliki…hak suara
A. tiga                                        B. dua                                     C. satu
10.              Pak Tulus menang dalam pemilihan ketua RT sikap yang harus Pak tulus lakukan adalah….
A. tetap rendah hati     B. sombong                            C. mengejek peserta lain
11.    Pemungutan suara terbanyak disebut….
A. voting                        B. musyawarah                     C. wawancara
12.    Setiap hasil musyawarah harus kita terima dengan perasaan….
A. terpaksa                   B. besar hati                          C. berat hati
13.    Hasil musyawarah  dilingkungan sekolah dilaksanakan oleh….
A. guru                          B. penjaga sekolah               C. warga sekolah
14.    Pendapat yang dijadikan keputusan bersama adalah pendapat yang….
A. dikemukakan orang yang berkuasa
B. dikemukakan ketua
C. dikemukakan oleh peserta danmenjadikan kesepakatn bersama
15.    Suara terbanyak disebut juga….
A. minoritas                  B. mayoritas                           C. mufakkat


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1.        Jika pendapat kita tidak diterima, sebaiknya kita….
2.        Sikap bersedia mengakui dan menerima kekalahan merupakan sikap yang patut kita tiru, karena sikap tersebut merupakan sikap yang….
3.        Mengemukakan pendapat dalam musyawarah merupakan….
4.        Memilih pengurus RT merupakan contoh musyawarah di lingkungan….
5.        Keputusan yang diambil melalui pemungutan suara disebut….
6.        Keputusan musyawarah yang terbaik di ambil melalui….
7.        Perhitungan suara dilakukan secara….
8.        Hasil keputusan musyawarah harus kita laksanakan dengan….
9.        Dalam musyawarah yang menang tidak boleh….
10.    Sikap tulus ikhlas menerima segala sesuatu disebut juga….

III. Uraikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
1.        Apakah manfaat musyawarah?
2.        Apa yang kamu lakukan jika kamu tidak terpilih sebagai ketua kelas?
3.        Bagaimana jika musyawarah tidak mencapai mufakat?
4.        Bagaimana seharusnya  dengan hasil suara mayoritas ?
5. Apa yang kamu lakukan jika hasil musyawarah tidak sesuai dengan pendapatmu?





KUNCI JAWABAN UTS PKN KELAS 2 TAHUN 2013

1.        A
2.        A
3.        C
4.        B
5.        C
6.        A
7.        B
8.        C
9.        C
10.    A
11.    A
12.    B
13.    C
14.    C
15.    B


ISIAN
1.    Menerima dengan ikhlas
2.    Terpuji
3.    Hak
4.    Masyarakat
5.    Voting
6.    Suara terbanyak
7.    Terbuka
8.    Ikhlas
9.    Sombong
10. Berjiwa besar

URAIAN
1.    Manfaat musyawarah adalah masalah dapat terpecahkan karena semua bisa menerima dengan lapang dada
2.    Menerima dengan ikhlas
3.    Mengambil suara terbanyak
4.    Harus kita hargai dan kita laksanakan dengan rasa senang
5.    Menerima dengan ikhlas dan lapang dada



KISI-KISI UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2012/2013


Satuan Pendidikan      : Madrasah Ibtidaiyah                                                                                                              Alokasi Waktu            : …………. Menit
Mata Pelajaran            : AL-QUR’AN HADITS                                                                                                       Jumlah Soal                 :  30 Butir
Kelas / Semester          : II/II (Dua)                                                                                                                              Bentuk Soal                : Pilihan Ganda = 15 Butir
Kurikulum Acuan       : 2012                                                                                                                                                                           Isian                 = 10 Butir
Kurikulum                   : K T S P  2006                                                                                                                                                            Uraian             = 5   Butir
Kisi – Kisi Penulisan Soal Pilihan Ganda / Isian / Uraian

No
Kompetensi Dasar
Kls/Smt
Materi
 Indikator
No.
Soal
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15

16
17
18

19

20

21

22

23

24

25
26
27
28
29
30

 Melafalkan surat  al-Qadr secara benar dan fasih
Melafalkan surat  al-Qadr secara benar dan fasih
Melafalkan surat  al-Qadr secara benar dan fasih
Melafalkan surat  al-Qadr secara benar dan fasih
Melafalkan surat  al-Ma’un secara benar dan fasih
Melafalkan surat  al-Ma’un secara benar dan fasih
Melafalkan surat  al-Ma’un secara benar dan fasih
Melafalkan surat  al-Ma’un secara benar dan fasih
Melafalkan surat  al-Ma’un secara benar dan fasih
 Melafalkan surat al-Kafirun, secara benar dan fasih
Melafalkan surat  al-Kafirun, secara benar dan fasih
Melafalkan surat al-Kafirun, secara benar dan fasih
Melafalkan surat al-Kafirun, secara benar dan fasih
Melafalkan surat  al-Fil secara benar dan fasih
 Melafalkan surat  Asr secara benar dan fasih

Menghafalkan surat al-Qadr  secara benar dan fasih
Menghafalkan surat al-Qadr  secara benar dan fasih
Menghafalkan surat al-Qadr  secara benar dan fasih

Menghafalkan surat al-Ma’un secara benar dan fasih
Menghafalkan surat al-Ma’un secara benar dan fasih
Menghafalkan surat al-Ma’un secara benar dan fasih
Menghafalkan surat al-Kafirun secara benar dan
 fasih
Menghafalkan surat al-Kafirun secara benar dan
 fasih
Menghafalkan surat al-Kafirun secara benar dan
 Fasih
Menghafalkan surat al-‘Ashr secara benar dan fasih
Menghafalkan surat al-‘Ashr secara benar dan fasih
Menghafalkan surat al-‘Ashr secara benar dan fasih
Menghafalkan surat  al-Fil secara benar dan fasih
 Menghafalkan surat  al-Fil secara benar dan fasih
Menghafalkan surat  al-Fil secara benar dan fasih

II/II















II/II



















  • Surat al-Qadr



  • surat al-Ma’un



  • surat al-Kafirun,




  • surat al-Fil,

  • Surat al-‘Ashr
  • Surat al-Qadr


  • Surat al-Ma’un






  • Surat al-Kafirun





  • Surat al-‘Ashr



  • Surat  al-Fil,




·        Siswa dapat menunjukkan arti dari Al-Qodr
·        Siswa dapat memahami kandungan surah Al qadr
·        Siswa dapat Melafalkan surat al-Qadr secara acak
·        Siswa dapat Melafalkan surat al-Qadr secara benar dan fasih
·        Siswa dapat menunjukkan arti dari Al Ma’un
·        Siswa dapat memahami kandungan surah Al Ma’un
·        Siswa dapat memahami kandungan surah Al Ma’un
·        Siswa dapat Melafalkan surat al-Ma’un secara acak
·        Siswa dapat Melafalkan surat al-Ma’un secara benar dan fasih
·        Siswa dapat Mengidentifikasi surat al-Kafirun
·        Siswa dapat memahami isi surah Al kafirun
·        Siswa dapat menghafal surah Al kafirun secara acak
·        Siswa dapat Melafalkan surat al-Kafirun secara benar dan fasih
·         Siswa dapat Mengidentifikasi surat al- al-Fil
·         Siswa dapat Memahami isi dari surat asr
·         Siswa dapat Menghafal dan memahami kandungan surat al-Qadr
·        Siswa dapat Menghafal surat al-Qadr  secara acak
·         Siswa dapat Menghafal secara menyeluruh surat al-Qadr secara benar dan fasih
·         Siswa dapat Menghafal surat al-Ma’un sesuai urutan ayat
·        Siswa dapat Menghafal surat al-Ma’un secara acak
·         Siswa dapat Menghafal secara menyeluruh surat al-Ma’un dan mengetahui kandungan arti surah Al ma’un

·         Siswa dapat Menghafal dan memahami isi kandungan surat al-Kafirun
·        Siswa dapat Menghafal surat al-Kafirun secara acak
·         Siswa dapat Menghafal surat al-Kafirun secara menyeluruh dengan benar dan fasih


·         Siswa dapat Menghafal  surat al-‘Ashr  dan mengetahui isi yang terkandung didalamnya
·        Siswa dapat Menghafal surat al-‘Ashr sesuai dengan urutan ayat
·       Siswa dapat Menghafal  al-‘Ashr secara menyeluruh dengan benar dan fasih
·       Siswa dapat Menghafal dan menjelaskan isi yang terkandung dalam surat al-fil
·         Siswa dapat Menghafal  surat al-Fil secara menyeluruh dengan benar dan fasih dan memahami kandungan surat Al-Fil
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22


23
24
25



26

27
28
29
30




Mengetahui,
Kepala Madrasah




UMI HAMIDAH,S.Ag.
Plosoklaten, 28 Pebruari 2013
Guru Penyusun




NURUL KASANAH,S.Pd.I.





Logo MTSn                                                        UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP
                                                                 MADRASAH IBTIDAIYAH
                                    WILAYAH KEC. PLOSOKLATEN
                                         Tahun Pelajaran 2012/2013

Mapel             : Qur’an Hadits

Hari/Tanggal :

Nama          : ……………………………

Kelas/Smt  : II(dua)/II
Nilai
TTD Guru
TTD Ortu




I.       Berilah tanda silang (X) pada jawaban  a,b atau c yang  kamu anggap benar!
1.   Al Qadr artinya....
A. Kemuliaan                              B.  Kesungguhan                  C.  Keharusan   
2.    “Sesungguhnya Allah telah menurunkan Al Qur’an pada malam....”.
A. Lailatul qadar               B. Bulan purnama                 C. Jum’at                     
3.   Nama Al Qadr diambil dari ayat ke....
A. 3                                    B. 2                                         C. 1
4.   Surat Al Qadr terdiri dari ... ayat.
A. 4                                    B. 5                                         C. 6
5.   Al Ma’un memiliki arti....
A. Barang-barang berharga
B. Barang-barang berguna
C. Barang-barang mahal
6.   Berbuat sesuatu tidak karena Allah, tetapi mengharap pujian orang lain disebut....
A. Riya’                                        B. Musyrik                              C. Munafik
7.   Orang yang lalai  dalam sholatnya tergolong orang  yang mendustakan....
A. Orang tuanya               B. Orang-orang Islam           C. Agamanya
8.   .... ﻮﻴﻤﻧﻌﻭﻥ kelanjutan ayat tersebut adalah...
A.  ﺍﻟﻜﻔﺭﻮﻦ                       B. ﺍﻟﻣﺎﻋﻭﻦ  C                        . ﻤﺴﻟﻤﻭﻦ 
9.   Lafal  ﻴﺪﻉﱞﺍﻟﻴﺘﻴﻢ  jika dibaca bunyinya....
A. Ta’aamil miskiin           B. Yadu’ul yatiim                   C. Salaatihim saahuun
10. Surat al kafirun adalah surat yang ke... dalam al qur’an.
A. 108                                B. 109                                     C. 110
11. “Bagimu agamamu, dan bagiku ....”.
A. Agamamu                     B. Agamanya                         C. Agamaku
12.        .....  ﻗﻝ ﻴﺂﻴﱡﻬﺎ
A.  ﺍﻟﻜﻔﺭﻮﻦ
B.  ﻤﺴﻟﻤﻭﻦ
C. ﻤﺷﺮﻗﻭﻥ
13.  Lafal  ﺍﻟﻛﻓﺭﻮﻥ artinya....
A.Orang-orang  Islam      B. Orang-orang quraisy        C. Orang-orang kafir
14. Surat al fiil diturunkan di kota ....
A. Makkah                         B. Madinah                            C. Arofah
15. Surah Al-Asr mengingatkan kita tentang...
A. Masa atau waktu         B. Harta benda                      C. Orang tua

II.   Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
16.        Lailatul qodar itu lebih baik daripada seribu . . .
17.       Wamaa adraa kamaa lailatul   qadr, adalah bunyi surah al qadr ayat ke....
18.       Lafal ﺍﻨﺂﺍﻨﺯﻟﻨﻪ terdapat dalam Al qur’an surah Al Qadr ayat ke. . . .
19.       Surah Al Ma’un terdiri dari . . .  ayat.
20.       ﺍﻟﺬﻱ  . . . .  ﺒﺎﻟﺪﻴﻦ  ﺍﺮﺀﻴﺕ   lengkapilah potongan ayat di samping!
21.       Orang yang menghardik anak yatim termasuk orang yang mendustakan . . .
22.       Raja yang ingin menghancurkan ka’bah adalah . . .
23.       Surah al kafirun ayat  kedua,diawali dengan kata . . . .
24.       Surah al kafirun berisi tentang perintah kepada umat islam untuk        menyembah. . . .
25.       Lafal  ﻮﺍﻟﻌﺼﺮ artinya demi . . . .

III. Jawablah pertanyaan di baw ah ini dengan jawaban benar!
1.   Berisi tentang perintah apakah  surah Al- Asr?
Jawab:................................................................................

2.   Tulislah surah Al -Asr ayat kedua!    
Jawab:................................................................................

3.   Jelaskan isi kandungan surah Al-fiil!
Jawab:................................................................................

4.   ﺍﺒﺎﺒﻴﻝ - ﻋﻟﻴﻬﻢ - ﻮﺍﺮﺴﻞ - ﻂﻴﺮﺍ    susunlah ayat disamping dengan benar1
Jawab:................................................................................
5.   Mengapa pasukan gajah gagal menghancurkan ka’bah?
Jawab:................................................................................





































Kunci jawaban Qur’an Hadits kls 2

I.
1.a
2.a
3.c
4.b
5.b
6. a
7. c
8. b
9. b
10.b
11.c
12.a
13.c
14.a
15.a


II.  21. Bulan
       22. 2
       23. 1
       24. 7
       25.ﻴﻛﺬﱢﺐ
       26. agama
       27. Raja Abrahah
       28. ﻵﺍﻋﺑﺪ
       29.Allah
       30. Masa

III.  31. Berisi tentang perintah Allah agar kita menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya
       32.ﺍﻦﱠﺍﻻﻧﺴﺎﻦ ﻟﻓﻲ ﺧﺴﺮ
       33. menjelaskan tentang kegagalan pasukan gajah yang hendak menghancurkan ka’bah
       34. .ﻮﺍﺮﺴﻞﻋﻠﻴﻬﻢ ﻄﻴﺮﺍﺑﺎﺑﻴﻞ
       35. Karena dihujani batu kerikil dari neraka oleh burung ababil
http//UTS KELAS 2 JAWA TIMUR

Comments